Waktu-waktu yang pas untuk menghafal

Posted on April 27, 2015 By

Menghafal merupakan hal yang sudah tidak asing di lakuakan oleh sebagian pelajar bahkan siapapun itu, mungkin itu sudah menjadi tugas pokok nya sebagai seorang pelajar bahkan ada yang sampai habis-habisan belajar hingga menyita sebagian waktnya, namun apa kita tau waktu-waktu yang pas untuk kita menghafal ? mungkin kebiasaan pelajar adalah di lakukan  malam hari saat akan beristirahat  namun apakah itu baik ?? nah disini kita akan bahas waktu-waktu yang pas untuk menghafal baik bagi kita supaya tidak sekedar menghafal dan menghafal sekedarnya.

Berikut adalah waktu-waktu yang pas untuk menghafal

  1. Waktu sahur

Waktu ini sangat baik sekali untuk menghafal dimana keadaan otak sangat netral, ini alasan kenapa rasulullah mensunahkan untuk bershalat malam tahajjud karena pikiran waktu yang paling jernih dan dimana perasaan serta sel sel otak pun tumbuh dengan sangat baik, inilah waktu yang pas untuk menghafal, seperti yag di katakan ulama  “waktu pikiran paling jernih adalah waktu sahur” (khahlil bin ahmad )

  1. Awal pagi

Awal pagi merupakan awal penentu aktivitas yang akan di lakukan, tak heran kenapa jika memberikan pengaruh positif pada awal pagi maka menjalani aktifitas sehari-haripun akan lebih baik dan lebih memberikan pengaruh positif dalam diri, seperti yang dikatakan oleh ibnu jauzi. “Ketika kekuatan semakin melemah maka di butuhkan refresing, ketika menuilis membaca mengarang tetap di butuhkan dan lebih penting lagi menghafal, maka waktunya harus di bagi dua  yaitu menghafal di waktu pagi dan malam, dan sisa waktu di bagi untuk menulis istirahat dan hal-hal mubah.”

  1. Waktu malam

Memang kebanyakan dari kita menggunakan waktu mala mini untuk belajar, apalagi saat malam adalah saat santai dan istirahat baik di gunakan untuk menghafal, namun di sarankan setidaknya hanya gunakan waktu malam max. 2 jam karena lebih dari itu otak anda akan terlalu banyak bekerja hingga akhirnya malah sering lupa.

“waktu yang paling baik untuk menghafal ialah waktu waktu sahur, di tengah hari kemudaian di pagi hari, menghafal di waktu malam lebih baik dari waktu siang, dan waktu lapar lebih abik dari pada waktu kenyang” ( al-khatib al bagdhadi)

Hanya saja maksud lapar disini bukan saat keadaan lapar karena ketika menghafalpun butuh tenaga, Waktu untuk menghadap allah adalah ketika seseorang terbebas dari gangguan alami fisik seperti ketika sangat lapar sangat kenyang dan sangat mengantuk, terlalu capek atau gangguan pikiran seperti telinga yang mendengar suara bising karena rebut pandangan yang di penuhi dengan gambar-gambar warna warni dan sebagainya.

Semua waktu baik di gunakan untuk menghafal, namun  ada waktu-waktu tertentu yang lebih baik lagi di gunakan untuk menghafal, dan ketiga waktu diatas bisa lebih memberikan cara supaya anda lebih mudah memahami dan lebih mudah untuk menghafal. Selamat mencoba..

Silahkan Like & Share

Pendidikan