Tugas dan Fungsi Pikiran (kekuatan Pikiran)

Posted on December 9, 2015 By

Brain and nerve cells, neural network

kekuatan pikiran

Tugas dan fungsi pikiran sadar

  • Tugas dan fungsi pikiran sadar (Conscious) yang pertama adalah, untuk mengidentifikasi informasi yang masuk. Informasi yang masuk diidentifikasi oleh panca indra kita. Misal penglihatan, pendengaran, pengecap, sentuhan.
  • Tugas dan fungsi yang kedua adalah Bila ada informasi yang masuk, pikiran sadar selalu membandingkan ke database kita yang lama. Atau pengalaman-pengalaman kita yang sudah kita alami.
  • Selanjutnya tugas dan fungsi pikiran sadar adalah, Karena tugasnya meng-analisis, berarti berhubungan dengan logika, dan biasanya informasi itu dipilah menjadi komponen-komponen yang kecil.
  • Dan tugas dan fungsi yang terakhir adalah memutuskan (Will Power). Contoh, ketika Anda memilih suatu barang, pilih barang A atau pilih barang B. Maka, fungsi ini yang akan berperan. Dan juga, disinilah wadahnya rasionalitas bersemayam.
  • Pikiran sadar memorinya jangka pendek. Tidak seperti pikiran bawah sadar, yang bisa merekam sebuah informasi jangka panjang.
  • Ataupun fungsi yang lainnya adalah berhitung dan mengkalkulasi. Fungsi ini biasanya dipakai ketika kita belajar matematika ataupun yang berhubungan dengan angka.

Tugas Dan Fungsi Pikiran Bawah Sadar

  • Yang pertama, pikiran bawah sadar tempatnya konsep diri berada. konsep diri merupakan pandangan tentang diri kita sendiri. Bagaimana kita memandang tentang diri kita, positif atau negatif? Dan ternyata yang menentukan seseorang sukses atau gagal itu sangat ditentukan dari konsep diri seseorang. Misalkan, seseorang yang malu berbicara di depan umum karena merasa konsep dirinya rendah.
  • Yang kedua, adalah kebiasaan. Saya meyakini dalam hidup ini pasti ada sebuah pola. Dan pola seseorang terbentuk dari kebiasaan-kebiasaannya yang dilakukan sehari-hari. Jika Anda ingin jadi seorang pembicara yang hebat, pastikan kita pun memiliki kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh para pembicara hebat tersebut.
  • Yang ketiga adalah, Apa itu belief? Ya betul sekali. Belief adalah keyakinan terhadap sesuatu hal. Kalau Anda yakin, bisa menjadi seorang pembicara hebat, dan tentunya melakukan langkah-langkah menjadi pembicara hebat, Insya Allah keyakinan tersebut akan terealisasi menjadi nyata. Hati-hati apa yang kamu yakini. Ketika kamu yakin bahwa itu tidak bisa, yah tentu saja itu akan terjadi. Kalau Anda yakin itu bisa dan mampu, itu juga yang akan terjadi.
  • Yang keempat adalah, Pikiran bawah sadar menyimpan sangat rapi tentang pengalaman emosional manusia. Sangat rapi dan tertata. Dan kami yakin, Anda pasti lebih mengingat pengalaman yang emosional dibandingkan pengalaman yang biasa-biasa saja. Contoh, ketika kami tanyakan, apakah Anda masih mengingat rumus matematika atau fisika waktu kamu masih SMP? Ada yang masih ingat? Lupa yah? Sekarang kalau kami tanya, siapa guru yang paling galak di SMP kelas 1? Masih inget kan? Kalau perempuan yang paling cantik di SMP kelas 2? Atau cowok yang paling nyebelin di kelas 3? Saya yakin ingatan Anda kalau soal itu masih kuat. Mengapa bisa begitu? Karena Anda mengingat dengan menggunakan emosi, dan emosi terletak di pikiran bawah sadar.
  • Yang kelima adalah persepsi, atau disebut mindset, cara pandang. Pola pikir seseorang terhadap sesuatu. Menariknya, apapun yang kita lakukan pastinya tergantung mindset kita. Dan lagi-lagi ini merupakan pilihan sang empunya pikiran tersebut.
  • Yang keenam, pikiran bawah sadar memorinya jangka panjang. Yah Pikiran bawah sadar adalah tempat atau gudang informasi semua ingatan kita. Mulai dari usia kandungan empat bulan sampai sekarang.
Silahkan Like & Share

Kekuatan Pikiran


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: