tips jitu menghafal alquran

Posted on May 13, 2015 By

Assalamualaikum Wr.Wb.

            Kawan, pernah gak sih kalian ngerasa kesulitan dalam menghafal Al -Qur’an??? Kalo saya sih iya. Nah loh, terus gimana dong caranya biar kita bisa menghafal Al-Qur’an dengan meminimalisir kesulitan yang ada ? Mau tau caranya ? oke deh kalo gitu, kita langsung bahas aja ya, gimana sih tips-tips jitu dalam menghafal Al-Quran.

            Guys, sebelum itu alangkah baiknya nih kita bahas dulu sekilas tentang apa itu menghafal dan apa itu Al-Qur’an. Pertama, perlu kita ketahui bahwa “menghafal” itu berasal dari kata “hafal” yang secara etimologinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti telah masuk diingatan dan mengucapkan tanpa melihat catatan. Nah, sedangkan menghafal itu sendiri artinya berusaha untuk memasukan atau mengingat sesuatu agar selalu teringat. Sedangkan Al-Qur’an secara etimologi berarti bacaan dan secara terminologi diartikan sebagai kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu mukjizat yang apabila membacanya mendapat pahala, dimana kitab ini berisi perintah atau larangan Allah untuk manusia agar hidupnya senantiasa memperoleh ridha Allah dan kebahagiaan dnia dan di akhirat. Nah bisa menyimpulkan dong dari definisi di atas, salah satu tujuan kita menghafal Al-Qur’an itu untuk apa ???  Yuppp, tujuannya untuk berusaha mengingat kalam Allah yang berisi perintah dan larangan agar memperoleh ridha Allah. Tapi, yang harus diperhatikan disini bukan hanya diingat ya, tapi diaplikasikan juga dalam kehidupan sehari-hari J.

            Wah pengantarnya cukup panjang ya, hehe. Nah langsung aja deh langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum kita melakukan berbagai tips jitu dalam menghafal Al-Qur’an.`

  1. Tanamkan niat ikhlas

Hal ini sangat penting dalam menghafal Al-Qur’an harus dilandasi niat yang ikhlas, apabila melakukannya dengan terpaksa maka orang tersebut tidak akan merasa enjoy dalam melakukannya serta tidak ada kesadaran serta rasa bertanggungjawab.

Perlu diketahui bahwa bila kita mnghafal Al-Qur’an dengan terpaksa maka apa yang kita lakukan akan sia-sia. Apalagi bila ini dilakukan hanya untuk mendapat pujian dari orang lain, ini hanya akan menimbulkan penyakit hati seperti kesombongan.

  1. Meminta izin orang tua atau suami

Nah sebaiknya bagi kalian yang masih muda, sebelum menghafal Al-Qur’an meminta izin terlebih dahulu kepada kedua orang tua. Bila sudah bersuami, hendaknya meminta izin kepadanya terlebih dahulu. Loh emang harus ya ? ya, agar mereka memahami dan memberikan luang waktu untu menghafal. Selain itu, bisa saja mereka mendukung aktivitas kawan-kawan semua. Hal ini sangat baik, apabila ketika kalian sedang mencapai titik jenuh dalam mengahafal Al-Qur’an sebagai ujian kamu yang Allah SWT berikan, maka orang-orang disekitarmu akan memberi semangat dan motivasi untuk menghafal kembali.

  1. Meyakinkan diri dan mepersiapkan diri dengan tekad yang besar dan kuat

Dalam menuntut ilmu kita pasti akan dihadapkan pad berbagai permasalahan, termasuk bila kita menghaal Al-Qur’an. Oleh karena itu, keyakinan yang besar dan kuat untuk menjadi seorang penghafal sangat dibutuhkan. Ingat Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa meraihnya.

  1. Mencari guru yang ahlinya

Sebelum kita menghafal hendaknya mencari seorang guru yang penghaal juga, kenapa ? ini untuk menjaga agar selain menghafal, cara membaca Al-Qur’an dengan benar. Karena dalam membaca kitab suci ini dibutuhan pengetahuan mengenai kaidah-kaidah cara membacanya.

  1. Memelihara akhlak terpuji

Ketika kita menghafal Al-Qur’an dharuskan untuk memelihara akhlk yang terpuji, alasanya karena hafalan Al-Qur’an merupakan rahmat dan hidayah dari Allah, maka hafalan hanya akan bertahan kepada orang-orang yang menjaga perilakunya. Selain itu, ini dilakukan sebagai cerminan bahwa ia adlah seorang penghafal Al-Qur’an.

  1. Berdoa meminta keridhoan Allah agar diberi kemudahan dalam menghafal

Seperti yang kita ketahui bahwa, semua yang terjadi pada manusia dan alam semeta adalah kehendak illahi. Sebesar apapun usaha seseorang dalam menghafal Al-Qur’an tanpa meminta ridho dari sang khalik, maka kita tidak dapat memastika orang tersebut dapat menghafalnya atau tidak. Semua bergantung pada Allah SWT.

  1. Membiasakan sifat Istiqamah

Sifat Istiqamah sangat dibutuhkan karena sejatinya memulai itu lebih mudah daripada melakukannya secara berulang-ulang. Istiqamah dan disiplin juga dibutuhkan dalam penggunaan waktu untuk menghafalnya.

Oke, setelah pengantar yang begitu panjang kita langsung bahas aja ya tips-tips jitu dalammenghaal Al-Qur’an :

  1. Tentukan dari mana teman-teman akan memulai hafalan, apakah dimulai dari juz 1 atau dari juz 30.
  2. Untuk ayat-ayat yang pendek, maka bacalah secara berulang untuk setiap ayatnya sebanyak 20 kali.
  3. Bacalah dengan melihatnya dari Al-Qur’an, namun sesekali pejamkan mata agar terjadi proses penghafalan.
  4. Baca dengan mengeluarkan suara agar dapat terekam dan memanfaatkan pancainderanya. Maksudnya dengan membaca, mata ikut berperan dan berusaha merekammemorinya, begitu pula mulut yang juga mengeluarkan suara serta telinga yang mendengar juga kut mengingatnya.
  5. Jangan menghafal terlalu banyak dalam sehari, bahkan dari literatur yang saya baca tidak dianjurkan menghafal lebih dari 1/8 juz dalam sehari.
  6. Bila bertemu dengan ayat yang panjang sebaiknya satu ayat tersebut dibagi-bagi lagi dalam menghafalnya.
  7. Jangan menambah hafalan baru bila hafalan yang lama belum terkuasai secara sempurna.
  8. Bila sudah lancar dengan hafalan lama, maka barulah menambah hafalan, tapi hafalan yang baru harus berkelanjutan dengan hafalan yang lama, tujuannya untuk melakukan pengulangan (takrir).
  9. Setelah itu, setoran hafalan kepada guru yang membimbing tujuannya untuk memperbaiki hafalan dengan cara membacanya contoh tajwid atau makharijul

Oke, mungkin cukup untuk tips kali ini. Oh iya jangan lupa ya, sering-sering mendengarkan ayat yang akan kita hafalkan agar hafalannya makin baik lagi. J

Semoga bermanfaat, dan akhir kata “Wassalamualaikum Wr.wb”

 Oleh : Naurah

Silahkan Like & Share

Pendidikan