Tidur yang baik untuk otak anak

Posted on May 7, 2015 By

Kita sering lihat anak bayi tidur lebih dari12 jam, dan memang itu yang di butuhkan anak anak tidur selama 12 jam supaya dapat tumbuh dengan sehat, namun tahukah anda bahwa rutinitas jam tidur anak sehari-hari mempengaruhi perkemabangan otak anak.

Penelitian  yang dilakukan beberapa ilmuan inggris menimpulkan bahwa anak anak terbiasa dengan jam tidur teratur, memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi di bandingkan anak anak yang tidu tidak teratur. Seperti di tulis pada huffington post, lebih dari 11000 anak usia berusia 3,5 sampai 7tahun di tes kemampuan membaca matematika, dan kemampuan spasialnya dari tes inilah pengaruh rutinitas jam tidur terhadap perkemabangan otak anak dapat di buktikan.

Saat ini belum ada penelitian untuk membuktikan mana yang lebih berpengaruh pada perkembangan otak anak jumlah jam tidur atau konsitensi jam tidur karena keduanya saling berkaitan, namun para peneliti telah membuktikan mana yang lebih berpengaruh pada perkemabangan otak anak secara keseluruhan karena pada umumnya jam tidur yang tidak teratur menenadakan ketidak teraturan alam keluarga tersebut.

 Menurut rekomenasi National sleep foundation, tidur yang baik untuk otak anak  untuk anak berusia 1-3 tahun jumlah jam tidur yang di butuhkan adalah 12-14 jam sehari, sedangkan untuk anak berusia 3-5 tahun tidur yang di butuhkan nya 11-12 jam perhari bila suah lebih besar 5-12 tahun mereka membutuhkan 10-11 jam perhari, tidur yang teratur seperti ini memberikan pengaruh positif pada anak serta memberikan semangat setiap harinya kepaa anak-anak dalam melakukan aktifitas.

Tidur yang baik untuk otak anak mesti kita teraturkan dari sejak dini karena bisa jadi kabiasaan dari keluarga itu sendiri yang mengajarkan anak nya untuk bergadang mempengaruhi tubuh serta otak nya jadi kebiasaan anak itu di mulai dari diri kita sendiri di keluarga yang mengajarkan anak kita untuk tertidur lebih teratur atau malah sangat susah sekali untuk mengajarkan istarahat yang cukup.

Lalu apa yang mesti kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Berikut ulasan untuk membiasaakan anak tidur dengan teratur.

  1. Buatlah rutinitas tidur yang konsisten setiap harinya, misalnya anka diajarkan mencuci kaki seblum tidur menyikat gigi, berganti pakaian dan mengajarkan berdoa sebelum tidur.
  2. Perubahan drastis tidak akan berhasil bila saat ini anak anda tidur larut malam, kebiasaan yang dilakukan orang tuanya dapat mempengaruhi keanak itu sendiri.
  3. Biasakan tidur siang dengan jam an lama yang teratur pula, karena tidur nya anak mempengaruhi otak anak itu sendiri.
Silahkan Like & Share

Pendidikan