Shalat tahajud membantu menghafal lebih cepat

Posted on April 28, 2015 By

araBanyak sekali keajaiban tahajjud yang tidak banyak di sadari oleh banyak orang, mungkin sebagian besar dari kita menganggap tahajjud sebagai ibadah spiritual saja tidak ada hubungan nya dengan belajar apalagi menghafal cepat, namun disini kita akan bahas keajaiban tahajjud yang mampu membantu anda menghafal cepat, bahkan banyak sekali keajaiban-keajaiban yang bisa dirasakan di dalamnya.

Shalat tahajjud merupakan ibadah sunnah yang dilakukan mungkin hanya sebagian orang disaat kebanyakan tertidur lelalp ada yang rela terbangun untuk sekedar bermunajat kepada Tuhan nya, dalam keadaan dingin dan mengantuk mereka seakan merasakan betapa keajaiban dari tahajjud telah mereka rasakan setiap saatnya, bahkan banyak ulama menyarankan saat kita ingin belajar atau menghafal dengan cepat maka lakukan lah saat sahur karena saat itu saat yang pas sekali karena keadaan otak kita yang netral, sehingga mampu memberikan lebih cepat mengahfal dan memberikan pemahaman apa yang kita pelajari.

Sejarah mencatat bahwa Rasulullah SAW dan para sahabat selalu melaksanankan shalat tahajud, shalat tahajjud adalah shalat yang sangat mulia, keajaiban melaksanakan shalat tahajjud telah tercatat dalam al-quran, dan beberapa keajaiban nya di antaranya bisa membantu kita belajar dan menghafal cepat bahakan ada dalam sebuah hadist yang menyataan bahwa “ hendaklah kalian bangun malam sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, wahana pendekatan diri pada Allah SWT penghapus dosa dan pengusir penyakit dalam tubuh.(HR. AT-tirmidzi ) Kenapa tahajud bisa membantu mengahfal lebih cepat ? al khathib rahimattullah berkata : “waktu terbaik untuk menghafal adalah saat sahur setelah itu peretengahan siang kemudian waktu pagi “ beliau berkata lagi “ menghafal di malam hari lebih bermanfaat dari pada siang hari dan menghafal cepat ketika lapar lebih bermanfaat daripada dalam keadaan kenyang.”

Mungkin ini sebabnya kenapa menghafal penting dilakukan saat sahur, bukan bergadang hingga paginya lagi jusru itu malah bisa sampai merusak otak serta konsentari kita, alih alih bersemangat keesokan harinya malah anda merasa sangat lelah dikarenakan belajar semalaman.

Selain tahajjud sarana terbaik untuk menghafal cepat ternyata , tempat terbaik untuk menghafal cepat adalah di dalam kamar dan tempat-tempat yang jauh dari hal-hal yang melalaikan, beliau menyatakan pula ;” tidaklah terpuji menghafal di depan tumbuhan yang menghijau atau di sungai atau di tengah jalan, atau di tempat yang garduh karena hal-hal itu umumnya akan menghalangi kekosongan hati. (Diambil dari Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim fi Adabil ‘Alim wal Muta’allim, karya Al-Qadhi Ibrahim bin Abil Fadhl ibnu Jamaah Al-Kinani rahimahullah, hal. 73-73, cet. Darul Kutub Al-Ilmiyyah)

Oleh : Mudy FItria

Silahkan Like & Share

Pendidikan