Roman Room: Tempat Terbaik Untuk Menghafal

Posted on June 16, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Pernahkah anda berpikir bahwa menghafal adalah urusan penempatan, tempat informasi di serap dan disimpan? Kemampuan anda untuk menghafal informasi tergantung dari kapasitas otak anda yang jelas satu dan lainnya berbeda-beda. Kemampuan tak anda tergantung pada diri anda. Anda perlu memiliki cara-cara yang istimewa dan luar biasa untuk membangun kemampuan pikiran anda. Anda perlu membangun jembatan antara keterbatasan ingatan dan ingatan jangka panjang. Ingatan jangka panjang adalah bagian otak yang berfungsi menyimpan informasi tanpa batas. Ingatan jangka panjang yang anda miliki merupakan gudang dari seluruh informasi yang didapatkan dari panca indra.

Tanpa anda sadari semua pancaindra yang anda miliki selalu menyerap inforasi yang dirasakannya, yang berada disekelilingnya. Kemampuan anda untuk menghafal informasi sangatlah besarjadi jangan pernah bertanya pada diri anda mengenai informasi yanga nda butuhkan tapi tanyalah dimanakah tempat informasi itu berada? Anda hanya perlu menata pikiran anda, otak anda sebagai tempat menyimpan informasi yang sesuai inilah yang disebut roman room dimana anda tahu tempat terbaik untuk meletakkan informasi hal ini akan membuat hafalan anda jauh meningkat pada tingkatan yang luar biasa.

Otak anda bagaikan sebuah ruangan dimana banyak sekali perabotannya, namun kenyamanan, keefisienan dan keindahan tempat tersebut tergantung bagaimana cara anda menata perabotan tersebut. sama halnya dengan otak anda, kemudahan anda menghafal informasi tergantung bagaimana anda meletakkan informasi tersebut . analogi tersebut menjelaskan otak anda dan perabotannya  adalah pengetahuan atau informasi yang harus anda hafal. Hal innilah yang membuat teknik roman room menjadi teknik teraik dalam mengatur mental anda.

Misalkan saat anda berada di depan pintu ruah anda, anda suadh tahu betul bukan dimana letakkamar, ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga dan kamar mandi bahkan tidak hanya itu anda pun sudah tahu dimana letak lemari, dimana letak meja TV, dimana letak kursi dan lain sebagainya. Hal ini menunjukan bahwa anda telah memiliki atau membuat posisi tertentu terhadap letak-letak tersebut. bahkan saat anda menutup mata pun anda dapat melihat ruangan tersebut bersama seluruh peralatannya.

Tugas anda adalah mengaplikaskan teknik tersebut terhadap pembelajaran anda, terhadap setiap informasi yang ingin anda hafal. Lalu bagaimanakah csaranya? Mungkin pertama kali anda bisa memulainya dengan membuat pola khusus dari informasi yang ingin anda hafal. Otak kiri anda akan dipacu untuk memenuhi kebutuhannya karna hal ini jelas membutuhkan urutan, logika, rangkaiana dan bilangan tertentu. Selanjutnya anda dapat melekatkan angka pada rangkaian tersebut. selalu mulai dari sudut sebelah kiri atau dari atas hal ini sesuai dengan jalan pikiran anda. Hal ketiga yang harus anda lakukan adalah memvisualisasikan apa pola yang telah anda bentuk. Focus perhatian anda pada onbjek dan detail terkecil yang dapat menjelaskan pola tersebut. keempat cobalah berinteraksi dengan menggunakan byek ang sedang di hafal. Hal ini akan menjadi pengalaman yang paling berharga dengan objek tersebut. untuk selanjutnya anda harus berani mebnjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hafalan anda jika emua hal tersebut telah selesai maka anda dapat mengetahui seberapoa kapasitas otak anda dalam menghafal maka langkah selanjutnya  anda hanya perlu mengembangkan apa yang anda hafalsehinga hafalan tersebut tetap melekat ditempat yang tepat.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 10 ?
Please leave these two fields as-is: