Peradaban Pendidikan

Posted on December 3, 2015 By

kenapa-di-indonesia-sarjana-banyak-yang-menganggurOleh: Devi Yulianti Wafiah

Sekolah Peradaban adalah sebuah sekolah yang berawal dari mimpi dalam membangun  sebuah sekolah kehidupan, sekolah yang memotivasi semua yang berada dan terlibat di dalamnya untuk senantiasa belajar, sebagai sebuah komunitas pembelajar. Sekolah yang menjadi jalan menegakan kasih sayang untuk seluruh alam, sekolah yang menjadi ujung tonggak dalam mewariskan nilai-nilai kehidupan yang akan menjadikan amalan tidak hanya bernilai di dunia tapi juga akhirat nanti.

Sadar ataupun tidak, saat ini generasi penerus yang dikatakan pemuda sedang berada dalam sebuah peradaban yang memaksa diri untuk mengikuti apa kemauan zaman dimana hal ini akan secara tidak sadar menjadi kemauan dalam diri juga, sehingga terpaksa atau yang paling menyedihkan secara tidak sadar kita menjadi bagian peradaban yang kita sendiri tidak tahu apa tujuan dari peradaban yang berlangsung sekarang ini, kita hanya mengikuti perkembangan tanpa tahu bagaimana cara memilah perkembangan tersebut, kita mengikuti kemana arah kiblat zaman sekarang namun kita tidak pernah ikut andil dalam merubah kiblat tersebut, kita hanya mampu mengikuti tanpa tahu kemana arah tujuan utamanya.

Sebagai seorang yang berpendidikan semestinya menjadi sebuah kewajiaban untuk keluar dari penjajahan peradaban yang tidak dapat di pahami kearah yang lebih baik, sebuah bnegara pasti memiliki peradaban tertentu dimana hal ini sesuai dengan adat istiadatnya. Naun bukan berarti semakin maju sebuah Negara semakin baik peradabannya semakin layak diikuti. Tidak demikian tentu peradaban kita harusnya tidak sama dengan Negara lain. Peradaban kita harus menceminkan siapa kita, menjunjung tinggi adat istiadan serta nilai – nilai yang ada dimasyarakat penting untuk menciptakan peradaban yang sesuai dan didukung oleh semua lapisan masyarakat.

Pendidikan merupakan tempat yang sangat strategis untuk mewujudkan mimpi peradaban yang dipilih, disinilah pentingnya visi peradaban dimiliki oleh sebuah sekolah sehingga sekolah menjadi sebuah tempat untuk mewariskan dan mewujudkan peradaban baik yang diinginkan masyarakat luas.

Peradaban itu pilihan hak memilih peradaban tentu merupakan hak setiap individu masalahnya apakah peradaban tersebut dapat diterima masyarakat luas dilingkungan tempat tinggal?  Pilihan sebagai generasi beragama adalah peradaban yang sesuai dengan tata tingkah laku dalam agama dimana hal ini juga dapat diterima dimasyaakat luas. Peradaban yang sesuai dengan nilai – nilai dan norma yang dijunjung tinggi di masyarakat. Peradaban seperti ini lah yang perlu kiranya diwariskan dalam dunia pendidikan terutama pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah. Pilihan peradaban tersebut selanjutnya dapat menjadi karakter indiividu dalam menjalani masa depannya sehingga peradaban ini sangat diwajibkan diarahkan pada hal – hal yang positif tentu disertai alasan kepada setiap peserta didik agar dapat diterima dengan baik dan tidak memberikan konflik di masa yang akan datang. Hal ini tidak menjadi lebih mudah ditengah maraknya gencaran peradaban dari Negara lain, sehingga perlu adanya kerjasama dari setiap aspek pendidikan dan masyarakat yang semua sejalan dan menggunakan tujuan peradaban yang sama. Hal ini bukan berarti harus menutup mata terhadap peradaban luar namun cermat memilah mana yang baik dan yang kurang baik menjadi penting dalam mewariskan peradaban Negara sendiri.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: