Pentingnya Motivasi Dalam Pendidikan

Posted on November 6, 2015 By

pengertian-pendidikan

Oleh: Devi Ylianti Wafiah

Pendidikan di Indonesia telah mengalami pelbagai perubahan, sampai hari ini pemerintah masih saja disibukan dengan penggunaan kurikulum yang sesuai dengan sebuah sekolah. Makna pengajaran pun menjadi hal yang kurang sesuai dan mengalai perubahan menjadi pembelajaan. Sejalan dengan pergeseran makna pembelajaran dari pembelajaran yang berorientasi kepada guru ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa, maka peran guru dalam proses pembelajaran pun mengalami pergeseran, salah satunya adalah penguatan peran guru sebagai motivator.

Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Motivasi akan menuntut siswa memiliki alasan tertentu mengapa ia harus belajar sehingga alasanna lah yang menguatkan siswa tersebut agar bertahan dan mempertahankan tingkat kualitasnya. Oleh sebab itu, guru sangat dituntut menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut memiliki daya kreatif yang secara sistematis dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif dan sesuai dengan harapan masyarakat luas. Dalam perspektif manajemen maupun psikologi, sangat sering di jumpai dengan beberapa teori tentang motivasi dan pemotivasian yang diharapkan dapat membantu para manajer dalam hal ini pendidik atau guru untuk mengembangkan keterampilannya dan daya ungkitnya dalam memotivasi para siswa agar menunjukkan prestasi belajar atau kinerjanya secara unggul. Kendati demikian, dalam praktiknya memang harus diakui bahwa upaya untuk menerapkan teori-teori tersebut bukanlah sesuatu yang mudah atau dengan kata lain untuk dapat menjadi seorang motivator yang hebat bukanlah hal yang sederhana, mengingat begitu kompleksnya masalah – masalah yang berkaitan dengan perilaku individu dalam hal ini siswa, baik yang terkait dengan faktor – faktor internal dari individu itu sendiri maupun keadaan eksternal yang mempengaruhinya.sehingga tdak cukup sebagai pendidik bijaksana dalam enyampaikan argument dari permasalahan kompleks tersebut namun juga dibutuhkan kepandaian dalam berorasi dan mengemukakan pendapat itu lebih penting sehingga mudah dicerna dan diterima siswa dengan baik.

Terlepas dari kompleksitas dalam kegiatan pemotivasian tersebut, guru juga harus memiliki tujuan mengapa harus memotivasi siswa dan kemana arah motivasinya tersebut. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa, pendidik harus memperjelas tujuan yang ingin dicapai dimana hal tersebut dapat membangkitkan minat siswa dalam belajar serta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Sekali – kali berilah pujian yang wajar hal ini penting terhadap penunjang keberhasilan siswa tentu dengan memberikan penilaian yang sesuai disertai komentar terhadap pekerjaan siswa tersebut. penilaian akan menimbulkan persangan sehingga agar persaingan antar sisswa berjalan positif dan sesuai yang diharapkan maka jangan sampai memuji satu siswa di lebihkan dan yang lain dianggap biasa, lakukan semua secara sama dan tidak berlebihan.

Selai hal positif tersebut yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam dunia pendidikan adakalanya motivasi itu juga dapat dibangkitkan dengan cara – cara lain yang sifatnya negatif seperti memberikan hukuman, teguran, dan kecaman, memberikan tugas yang sedikit berat (menantang). Namun, hal semacam itu hanya bisa digunakan dalam kasus – kasus tertentu dan hanya orang – orang tertentu.karena kebanyakan siswa justru tidak dibuat betah dalam prosespendidikan tersebut tentunya membangkitkan motivasi dengan cara – cara semacam itu lebih banyak merugikan siswa dan membuat siswa menjadi tidak responsive terhadap pendidikan yang di jalaninya. Untuk itulah seandainya masih bisa dengan cara – cara yang positif, mengapa harus digunakan cara – cara yang negatif.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: