Pengertian Komunikasi adalah …

Posted on January 6, 2016 By

oleh vivi tamia

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang komunikasi. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang komunikasi maka, mari kita ketahui terlebih dahulu “apa pengertian komunikasi”. Karena pengertian itu suatu proses atau perbuatan memberi arti atau maksud yang terkandung dalam suatu kalimat atau perkataan. Komunikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama.

Mari kita sederhanakan pengertian diatas, komunikasi adalah sebuah pesan dari seseorang yang ditujukan kepada lawan agar lawan dapat memahami apa yang ia maksud. Seseorang disini sering kita sebut sebagai “komunikator” dan lawannya itu sebagai “komunikan”. Komunikator dalam KBBI memiliki pengertian orang atau kelompok orang yang menyampaikan pesan kepada komunikan. Sedangkan komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi.

Nah.. didalam komunikasi pasti ada yang dinamakan syarat-syarat dalam berkomunikasi agar komunikasi tersebut berjalan dengan lancar. Walaupun komunikasi bisa kita lakukan secara langsung yaitu dengan bertatap muka tapi komunikasi juga bisa dilakukan secara tidak langsung yakni melalui telepon, surat kabar, media sosial dan lain sebagainya. Untuk itu saya akan memaparkan syarat-syarat komunikasi diantaranya:

  • Source (sumber): Source adalah dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi adalah orang, lembaga, buku dan lain sebagainya
  • Komunikator: seperti yang sudah dijelaskan diatas, komunikator adalah pelaku penyampaian pesan yang berupa individu yang sedang berbicara atau menulis, dapat juga berupa kelompok orang, organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya.
  • Pesan: pesan adalah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku orang lain.
  • Saluran (channel): Saluran adalah komunikator yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Saluran komunkasi berupa saluran formal (resmi) dan saluran informal (tidak resmi). Saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis wewenang dari suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan saluran informal adalah saluran yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin.
  • Komunikan: komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi yang berupa individu, kelompok dan massa
  • Effect (hasil): efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan perilaku komunikan. Perubahan itu bisa sesuai keinginan atau tidak sesuai dengan keinginan komunikator.

Demikianlah pemaparan seputar Pengertian Komunikasi yang saya ketahui. Semoga apa yang saya jelaskan dapat bermanfaat bagi kita semua. Ilmu itu “menular” Maka tularkanlah! Sekian dari saya mohon maaf apabila perkataan saya kurang sopan, mohon ampun apabila perkataan saya kurang santun. Terima Kasih kepada semua pembaca dimanapun kalian berada. Wallahul Muafik illaa aqwamittariq. Wassalamualaikum Wr Wb..

“Salam Pergerakan”

Silahkan Like & Share

Skill Komunikasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 9 ?
Please leave these two fields as-is: