Pengembangan Pendidikan

Posted on August 17, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Didalam proses belajar mengajar tercakup komponen,pendekatan,dan berbagai metode pengajaran yang dikembangkan dalam proses mendidik tersebut.Tujuanutama sebagaidasar diselenggarakannya proses proses keberhasilan siswa dalam belajar dalamrangka pendidikan baik dalam suatu mata pelajaran maupun pendidikan padaumumnya, sehingga memiliki prestasi dalam proses pembelajaran tersebut.Jika guru terlibat didalamnya dengan segala macam metode yangdikembangkan maka yang berperan sebagai pengajar berfungsi sebagai pemimpinbelajar atau fasilitator pendidikan,sedangkan siswa berperan sebagai pelajar atauindividu yang belajar.

Usaha-usaha guru dalam proses pendidikan tersebut utamanya adalahmembelajarkan siswa agar tujuan khusus maupun umum proses belajar itu tercapai.Usaha-usaha guru dalam mengatur dan menggunakan metode pengajaran merupakan bagian penting dalam keberhasilan siswa mencapai tujuanyang direncanakan.karena itu pemilihan metode,strategi dan pendekatan dalamsituasi kelas yang bersangkutan sangat penting. Upaya pengembangan strategimengajar tersebut berlandas pada pengertian bahwa mengajar merupakan suatuupaya memberikan bimbingan kepada siswa untuk melakukan kegatan belajar.

Pendidikan merupakan sarana terpenuhinya proses belajar manusia. Tanpapendidikan manusia tidak mampu mengembangkan fitrahnya sebagai insanpedagogik yang perlu didik dan mendidik. Namun, suatu pendidikan akanmempunyai mutu yang tinggi apabila guru mempunyai mutu yang tinggi pula,sedangkan mutu guru sangat ditentukan oleh pemahamannya tentang metode yangditerapkan dalam pembelajaran.Pengembangan pendidikan merupakan suatu proses penyusunanpendidikan dalam pelbagai mata pelajaran itu sendiri. Proses ini dimulai dari pengembangan kebijakanpendidikan dalam setiap mata pelajaran, prinsip-prinsip pengembangan, pendekatan dan modelpengembangan pendidikan serta pengaturan pelaksanaan pendidikan.

Dalam pengembangan pendidikan suatu mata pelajaan sebisa mungkin harus didasarkan pada prinsip-prinsipyang mengakomodir proses penyusunan pendidikan ataupengembangan pendidikan pembelajaran itu sendiri. Dalam dunia pendidikanmutu pendidikan dan kualitas pengajar sangatlah menentukan keberhasilan maupunketidakberhasilan suatu pendidikan, karena mutu pendidik merupakanacuan dasar dalam proses belajar mengajar. Sedangkan dalam pengembanganpendidikan harus didasari oleh prinsip-prinsip yang sesuai danseimbang.Selain prinsip, pendekatan juga sangat penting dalam pengembanganpendidikan. Pendekatan menjadi bagian dari proses penyusunanpendidikan. Namun, pendekatan mana paling sesuai dan baik bukanmenjadi soal. Karena, dalam pengembangan pendidikan pendekatantersebut disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah. Pendekatan yang satudengan yang lainnya boleh jadi tidak sesuai diterapkan dalam pengembanganpendidikan di suatu sekolah namun, ia akan sangat diperlukan biladiterapkan di sekolah lain.

Bersamaan dengan prinsip dan pendekatan, pendidikan juga harusmemiliki model pengembangan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikannasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Model pengembangan pendidikan yang berlaku di Indonesiabersifat desentralisasi yang dikembangkan dari bawah yaitu dari pihak guru atausekolah. Guru atau sekolah dapat menilai model pengembangan pendidikanmana yang didasarkan pada pertimbangan bahwa guru adalah Perencanamaupun pelaksana daripada pendidikan di sekolah tersebut serta guru atau sekolahyang dekat dan mengetahui kebutuhan proses kegiatan belajar mengajarberlangsung.

Dengan adanya prinsip, pendekatan dan model pembelajaran yang tepat dilakukan dan memiliki kualitas tinggi ditunjang mutu pendidik  yang baik akan menghasilkan kualitas siswa juga sangat baik. Sehingga jangan menyalahkan siswa yang mimiliki kesulitan dalam memahami pembelajaran bisa jadi model yang digunakan dalam pebelajanannya lah yang belum sesuai.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: