Pendidikan Sumber Daya Manusia

Posted on December 15, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Persoalan ketenagakerjaan selalu mendapat perhatian yang serius dari berbagai kalangan, baik pemerintah, swasta maupun dari masyarakat, dari mulai banyaknya pengangguran hingga menyalahkan pemilik modal dan minimnya lapangan pekerjaan. Kompleksitas permasalahan ketenagakerjaan ini dapat dipandang sebagai suatu upaya individu untuk memperoleh dan mempertahankan hak – hak kehidupan yang melekat pada manusia agar memenuhi kebutuhan demi kelangsungan hidup.

Titik sentral pembangunan adalah pemberdayaan sumber daya manusia begitulah yang dikatakan tujuan pembangunan nasional dalam hal ini termasuk tenaga kerja, baik sebagai sasaran pembangunan maupun sebagai pelaku pembangunan. Dengan demikian, pembangunan sumber daya manusia ketenagakerjaan merupakan salah satu aspek pendukung keberhasilan pembangunan nasional. Di sisi lain, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembangunan nasional tersebut, khususnya dibidang ketenagakerjaan, yakni minimnya sumber daya manusia yang dibutuhkan, dan dapat membangun perekonomian.banyak orang yang tidak bekerja namun banyak pula diantara mereka yang tidak memiliki kemampuan ketenagakerjaan. Sehubungan hal tersebut perlu adanya  pengembangan sumber daya manusia menuju kemampuan yang lebih baik, baik melalui pendidikan, pelatihan, ataupun pengembangan keterampilan.

Jalur pendidikan merupakan tulang punggung pengembangan sumber daya manusia hal ini dimulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi maka orang – orang yang menempuh jalur ini dapat dikatakan orang yang terdidik dan memiliki kemampuan akademis. Sementara itu, jalur pelatihan dan pengembangan karir merupakan jalur yang dapat memberikan suplemen dan komplemen terhadap pendidikan, bentuk pendidikan pelatihan dan pengembangan karir ini sebagai jalur pendidikan dalam ranah pengembangan soft skill maka orang yang berada di jalur ini dapat dikatakan orang – orang yang terlatih. Arah pembangunan sumber daya manusia di indonesia ditujukan pada pengembangan kualitas sumber daya manusia secara keseluruhan meliputi aspek kepribadian dan mental, penguasaan ilmu dan teknologi, serta profesionalisme dan kompetensi yang dibumbui sesuai agamanya masing – masing. Dengan kata lain, pengembangan sumber daya alam meliputi pengembangan kecerdasan akal, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

Pengembangan kualitas sumber daya manusia dibutuhkan sebagai  upaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di dalam maupun diluar negeri, dengan adanya produktivitas maka pakan dapat meningkatkan tingkat perekonomian dan kesejahteraan diuntuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatnya daya saing tentu untuk membuktikan bahwa sumber daya manusia tersebut memilii kemampuan maksimal dengan soft skill yang mampu untuk diperkkenalkan ke khalayak luar. Meningkatnya sumber daya manusia sebagai modal ketenagakerjaan juga akan semakin meningkatkan penjualan dirinya dalam arti semakin meningkat daya saingnya semakin meningkat kemampuannya semakin meningkat pula potensinya maka semakin besar pula gaji atau penghasilan yang didapatkannya.

Baik terdidik ataupun terlatih sama – sama dibutuhkan dan keduanya merupakan hal yang penting untuk memajukan pembangunan perekonomian bangsa kearah yang lebih baik, kearah kesejahteraan yang di dambakan setiap lapisan masyarakat.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: