Pendidikan Manusia

Posted on November 24, 2015 By

kemuliaan-menjadi-seorang-guru

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Pendidikan selalu saja setia mengiringi setiap gerak gerik dan langkah manusia, dalam setiap aspek kehidupan manusia tidak dapat lepas dari yang namanya pendidikan bahkan sejak lahirpun manusia telah dihadapkan pada pelbagai permasalahan. dalam pemecehan masalah tersebut, maka manusia akan menggunakan akal dan pikirannya dimana kedua hal ini dapat berkembang melalui prosses pendidikan. Sebab secara hakiki manusia adalah makhluk yang harus mendapatkan pendidikan maka manusia dikatakan makhluk yang harus dididik.

Pendidikan merupakan cermin yang dapat menentukan sejauh mana pemikiran dan masa depan kita, pendidikan juga membuat dapat terlihatnya langkah dan proses kehidupan yang telah dilalui. Pendidikan merupakan alat yang dapat mengembangkan seluruh aspek terpenting manusia, dari mulai akal; hati; dan tingkah laku. Sehingga penting sekali bagi manusia untuk mengenyam pendidikan, seandainya semua aspek yang ada pada menusia itu terdidik maka barulah dapat dikatakan bahwa pendidikan itu berhasil.

Melalui pendidikan bukan hanya otak, rasa dan tingkah laku saja yang berkembang namun juga kepentingan masyarakat luas. Bagaimana masyarakat menyerahkan sepenuhnya aturan dan nilai budaya untuk terus diwariskan melalui lembaga pendidikan, bahkan setiap daerah memiliki pendidikan yang berbeda karena berasal dari budaya yang berbeda. Jika perkembangan zaman menyentuh ranah pendidikan, maka dapat dipastikan perkembangan budaya pun akan terus berkembang.

Pendidikan merupakan sebuah system dimana semua komponen yang terlibat padanya saling berikatan, komponen ini membentuk kesatuan yang utuh. Jika salah satu komponen mendapatkan masalah, maka hal itu mempengaruhi komponen lainnya. Pendidikan akan selalu menekankan hubungan dengan sitasi – situasi baru, dan pendidikanlah yang memberikan peran dalam mengatasi kesulitan – kesulitan tersebut.

Secara esensi manusia sama saja dengan makhluk lainnya dengan hewan namun manusia diberi akanl untuk berpikir sedangkan hewan tidak, maka jika manusia tidak berpikir sama saja dengan hewan. Berpikir nya manusia ini sebagai kemampuannya mengatasi tindakan – tindakan secara tertib tentu hal ini akan terus berkembang seiring pendidikan yang terus dikembangkan olehnya. Karena manusia memiliki pikiran maka ia harus dididik dan mendapatkan pendidikan dan jika manusia itu tidak melakukan proses pendidikan maka tidak akan mampu berpikir.

Manusia dengan kemampuan berpikir akan mampu untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, penghidupan dan kerjasama diantara manusia lainnya. Dengan proses pendidikan manusia memiliki karakter, potensi, keinginan, kepribadian yang berbeda dengan manusia lainnya. Sehingga pendidikan memberikan ciri khas tersendiri kepada setiap orang yang melakukan prosesnya. Bahkan sejak lahir pun proses pendidikan harus diperhatikan dan dikembangkan agar nantinya terarah ke hal – hal yang memberikan manfaat sebanyak – banyaknya.

12194869_562739160560787_3306952347874546711_o

Pada hakikatnya pendidikan berfngsi sebagai proses yang dapat memberikan seleksi atas pribadi manusia baik itu seleksi bakat dan kemampuan unggul yang dimiliki ataupun menyeleksi sampai dimana kemampuan manusia dapat dikembangkan guna menjalani kehidupannya. Hal ini tidak dapat dipisahkan dengan hubungan bersama karena manusia hidup dengan manusia lainnya dilingkungan sosial sehingga perkembangan kemampuan individu tesebut tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadinya namun juga dapat mengembangkan kehidupan lingkungannnya sesuai kepentingan bersama. Sehingga proses pendidikan yan dijalani ini harus benar – benar dapat dipertanggungjawabkan. Dengan hal ini pendidikan bukan sekedar kepentingan kemampuan saja tapi justru pendidikan wajib dijalani untuk  mendapatkan label manusia. Dengan kata lain pendidikan adalah proses untuk memanusiakan manusia.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: