Pendidikan dan Kemajuan Bangsa

Posted on August 15, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Berbicara tentang pendidikan tak dapat dipisahkan dengan kemampuan berpengetahuan.. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang dimiliki untuk hidup di zaman yang serba realistis ini. Seperti apa hal pertama yang dilihat bila ingin mengajukan surat lamaran perkerjaan? Apa yang dibutuhkan ketika ingin memulai suatu bisnis atau usaha?

Tentu saja pendidikan, kemampuan, wawasan dan pengetahuanlah yang paling utama dibutuhkan. Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef dalam bukunya tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.

Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur tingkat perkembangannya dari tinggi rendahnya pendidikan yang diikuti warga Negara tersebut. Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.

Bagi suatu bangsa yang ingin maju, pendidik harus dipandang sebagai sebuah kebutuhan sama halnya dengan kebutuhan – kebutuhan lainnya. Maka peningkatan mutu pendidikan juga berpengaruh terhadap perkembangan suatu bangsa.

Mungkin sedikit demi sedikit Indonesia juga sadar akan pentingnya pendidikan. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei menitikberatkan pada pendidikan karakter sebagai modal untuk membangun peradaban dan perubahan bangsa. Namun, apakah pendidikan karakter ini dapat mengubah masalah – masalah dan melengkapi kekurangan yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan?

pendidikan harus dimulai dari usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang mneyenangkan sehingga peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Namun satu pertanyaan, sudahkah pendidikan di Negara ini seperti itu?tentu belum bukan, hal ini tidak akan berhasil jika hanya salah satu bagian saja yang mengusahakan sedangkan yang lainnya bermalas – malasan terutama bagi mereka yang sedang berada dalam ikatan pendidikan tentu kinerja mereka akan sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan di Negara ini. Lagi dan lagi kitalah sebagai individu harus memiliki kesadaran untuk memperbaiki semua hal yang empengaruhi kemajuan bangsa ini.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 8 + 9 ?
Please leave these two fields as-is: