Pendidikan dan Gaya Hidup

Posted on December 22, 2015 By

1044582_574200922747944_4339369296252184681_nOleh: Devi Yulianti Wafiah

Pernahkah anda memperhatikan lingkungan anda? Pernahkah anda memikirkan mengapa orang yang memiliki kelebihan harta menganggap pendidikan sekolah bukan sekedar proses mengenyam bangku pendidikan namun juga memperlihatkan status dan kekayaan. Pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesempatan memperoleh pendidikan membawa perubahan pada tingkat konsumsi dan gaya hidup seseorang.  Dengan laju pertumbuhan ekonomi yang terus naik setiap tahunnya berimbas langsung pada pendidikannya, mereka yang menguasai perekonomian hapir setiap hari menghabiskan waktu anak dengan pelbagai pembelajaran dan privat dari mulai pembelajaran di sekolah agar siswa tidaak tertinggal hingga dalam kelas minat dan bakat. Dengan begitu pola konsumsi masyarakat juga meningkat.  Gaya hidup konsumtif dalam pendidikan juga terlihat di hampir semua penjuru kota berbagai lembaga pendidikan non formal tidaklah sulit ditemui.  Pola hidup masyarakat juga semakin dimanja oleh teknologi.  Mengakses buku apapun juga mudah dengan apa yang disebut gadget.

Di zaman sekarang peserta didik tidak mengalai kesusahan untuk mengakses apapun yang ia inginkan, ilmu apapun yang ingin dimengerti telah tersedia di pelbagai media online, atau ia pun dapat privat kepada lebaga yang ia inginkan. Namun justru inilah biang keladi dimana peserta didik menjadi super sibuk dengan kehidupan pribadinya, tidak mempedulikan apa yang terjadi diluar di sekitarnya dan tidak tahu menahu soal lingkungannya.

Peserta didik lebih suka privat di bandingkan les baik untuk penbgetahuan atau perkembangan minat dan bakat, peserta didik lebih menyukai berselancar di abah google ketimbang bertanya pada guru disekolah, peserta didik lebih sibuk mengerjakan tugas dengan gadgetnya ketimbang dengan sesama temannya, hal ini pula yang menyebabkan adanya kesenjangan dalam lembaga pendidikan.

Pendidikan berupa pengetahuan dan wawasan luas memanglah sangat penting bagi masa depan seseorang namun alangkah lebih penting jika kita dapat mempertahannkan kekuatan pengetahuan yang kita miliki. Dengan tingkat ekonomi yang tinggi kta dapat memperoleh pendidikan yang layak, namun dengan pengetahuan selama pendidikan itu yang membuat kita dapat menggerakan roda perekonomian menjadi lebih baik. Maka karakter kita sebagai seorang yang berpengetahuan jauh lebih penting ketimbang banyaknya pendidikan yang kita ikuti namun kita tidak dapat memperlihatkannya kepada orang lain.

Lebih baik pendidikan sederhana, pengetahuan sedikit namaun setiap hari dilakukan, dijadikan aktifitas, di bagi dengan banyak orang, menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan tentu hal ini akan lebih bermanfaat dibandingkan pengetahuan banyak diperoleh sendiri, tak mau membagi apalagi memperlihatkan kepada orang lain, tentu akan jadi mubadzir.

Pendidikan ini tentulah tidak mudah dan gampang seperti teoritis diatas.  Perlu latihan dan pembiasaan dari dini.  Jika tidak maka hal ini hanya sekedar cerita saja.  Perlu latihan yang tidak gampang menyerah dari setiap pribadi terutama orang tua.  Pendidikan ini dapat mendorong generasi muda untuk hidup hemat, dan berani berbuat.  Ketegasan dan kemauan keras sangat dibutuhkan.  Bila berkaca pada kearifan orang tua dulu yang menyebutkan bahwa, kecil terbawa-bawa, besar sudah biasa, tua berubah tidak.   Ini petunjuk bahwa jika karakter akan dibentuk dari pembiasaan dari dini.  Pendidikan dan pembiasaan akan membentuk kepribadiaan seseorang.  Dari hal-hal yang bersifat kecil dan sederhana dapat mengubah sesuatu menjadi hal yang sangat besar.   Tidak diperlukan lagi aturan dan sanksi yang mengikat jika pola pendidikan dan pembiasaan ini kita tanamkan dari dini.  Bangsa yang besar pastilah memiliki warga yang memiliki karakter yang kuat pula.  Mudah-mudahan hal-hal sederhana tersebut dapat menjadi pengubah karakter bangsa sehingga bangsa kita menjadi pemimpin di negerinya sendiri.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 2 + 13 ?
Please leave these two fields as-is: