Olahraga Otak kanan dan kiri

Posted on November 25, 2015 By

Slide1

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Pernahkah anda mendengar pepatah yang mengatakan bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Yang namanya otot apabila otot tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila diolahragakan akan kuat. Hal itu juga yang terjadi dengan otak. Otak akan lemah bila tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka jika kita menginginkan otak kita berkemampuan kuat maka kita harus rutin mengolahragakannya.

Brain and nerve cells, neural network

Brain and nerve cells, neural network

Mengolahragakan otak itu berarti kita siap menguatkan dan meningkatkan kemampuan otak baik itu otak kiri ataupun otak kanan, baik itu memori jangka pendek ataupun memori jangka panjang. Semakin rutin kita mengolahragakan otak yang kita punya maka semakin baik pula kemampuannya semakin kuat pula system yang dijalankannya baik itu dalam menyimpan informasi, mengingat informasi juga menghapal informasi.

Olahraga otak sama pentingnya dengan olahraga otat yang kita lakkan demi kesehatan dan kebugaran, jika olahraga otot kita lakukan demi hal tersebut, maka olahraga otak ita lakukan untuk menyeimbangkan kekuatan otak. Dizaman sekarang ini lebih banyak orang yang membanggakan kemampuan otak kirinya dan melupakan otak kanannya padahal untuk menjalankan kehidupan ini dalam semua bidang pun kita membutuhkan konstribusi dari otak kanan. Jika otak kiri berfungsi untuk menganalisa suatu masalah maka otak kanan lah yang melakukan dan mempraktekan apa yang telah dianalisa otak kiri. Intinya otak kiri berfungsi untuk berpikir sedangkan otak kanan berfungsi untuk melakukan.

Otak kiri memiliki system sebagai hapalan, teks book dan penuh kesamaan alias tidak kreatif sedangkan otak kanan berjalan dengan system ingatan misalnya gambar, pola, bentuk, banyak tingkah dan kreatif. Ini menyebabkan kemampuan otak kiri dan otak kanan keduanya sangatlah dibutuhkan dan sangat penting untuk menunjang pebelajaran dan pekerjaan.

Lalu bagaimanakah cara menyeimbangkan keduanya? Ya sesuai yang dibahas tadi dengan cara mengolahragakan otak jika otak kiri diolahragakan dengan menganalisa pelbagai masalah yang membutuhkan logika berpikir maka olahraga otak kanan dapat dilakukan dengan mempertajam konsentrasi, ketelitian, dengan cara melakukan gerakan gerakan yang membutuhkan konsentrasi tahapan dari konsentrasi yang paling sederhana hingga yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Saat ini sudah banyak orang yang pedul tentang pentingnya kinerja dan kemampuan otak, mereka banyak menyediakan tempat – tempat  sebaai tempat pelatihan untuk mengolahragakan otak terutama untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Terutama untuk otak kanan yang sejauh ini banyak diremehkan padahal yang terjadi realitanya kenbanyakan mereka yang sukses adalah mereka yang lebih mendahulukan otak kanan ketimbang otak kirinya. Otak kirri cenderung berpikir otak kanan cenderung melakukan jika keduanya seimbang bayangkanlah seberapa hebatnya diri kita. Bukankah dengan banyak berpikir maka kita berpikir itu untuk memperkaya orang lain bukan untuk memperkaya diri kita sendiri karna kita hanya berpikir sedangkan yang melakukan adalah orang lain. Sedangkan jika hanya otak kanan saja yang kita gunakan maka kita hanya akan banyak melakukan hal bahkan perlakuan yang tidak dipikirkan terlebh dahulu, bahkan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya atau mungkin kmudah sekali untuk ditipu oleh mereka yang berpikir. Oleh karena itu menyeimbangkan kekuatan kedua bagian otak tersebut sangatlah dibutuhkan bahkan sangat penting untuk kita yang memiliki keinginan untuk menjalan kan hidup yang sesuai dengan semua yang kita inginkan lakukan dan pikirkan bagaimana kita harus bertahan dengan apa yang sudah kita lakukan.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: