Pendidikan Musik Mengoptimalkan Otak Kanan

Posted on December 9, 2015 By

alat-musik-tradisional-talempong-minangkabau-sumatera-barat-talempong-kuningan-batu-kayu

alat-musik-tradisional-talempong-minangkabau-sumatera-barat-talempong-kuningan-batu-kayu

Oleh Devi Yulianti Wafiah

Banyak sekali pendidikan yang dapat dipelajari di zaman serba mudah ini selain pelajaran formal, lembaga pelatihan yang mengasah skill dan kemampuan sudah bertebaran dimana – mana dari mulai pendidikan yang sekedar hobbi hingga menjadi profesi bahkan menghasilkan profit yang lebih besar. Semua itu tentunya berguna dan bermanfaat bagi karakter manusia. Salah satunya pendidikan musik, Pendidikan musik memiliki banyak manfaat dalam perkembangan seorang anak, sebagai alat untuk membantu merangsang perkembangan kemampuan otak secara holistik, termasuk kemampuan logika berfikir, kemampuan berbahasa, dan kemampuan menganalisa. Musik juga membantu mengembangkan daya persepsi dan imajinasi anak, sehingga anak bisa merangkai berbagai elemen dan menganalisanya menjadi satu kesatuan pemikiran, seperti ketika anak harus menyelesaikan sebuah persoalan matematika, atau merencanakan benda-benda yang harus ia bawa ke sekolah.

Melalui pendidikan musik seorang dituntut untuk menguasai berbagai kecakapan dalam memainkan sebuah lagu, dalam peranannya dalam membangun karakter anak musik dapat mmemberikan pelajaran akan sebuah rasa yakni rasa empati, terutama ketika mulai mempelajari musik dari berbagai budaya yang berbeda rasa akan semakin berkembang pula. Ketika belajar mengenai empati, ia akan belajar untuk mengembangkan karakter berupa sifat cinta kasih, serta menghilangkan sifat serakah dan egois. Mempelajari musik juga membuatnya memiliki kebiasaan bekerja keras agar tidak terjadi kesalahan saat membunyikan notasi menggunakan alat musik. Hal ini sekaligus bisa membuatnya belajar menghargai proses dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah prestasi, termasuk di antaranya kerja keras dan disiplin.

Salah satu kegiatan pendidikan musik dan peranannya dalam membangun karakter anak adalah melalui bermain musik bersama, dalam bentuk ensemble atau orkestra. Agar permainan sebuah orkestra dapat terdengar baik, seluruh pemain harus disiplin mengikuti latihan dan bekerjasama dalam memainkan alat musik. Hal ini akan membiasakan anak untuk bekerjasama dengan orang lain, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan memperluas jaringan pertemannanya, selain itu anak juga menjadi berani untuk tampil memukau di hadapan orang banyak, hubungan dengan banyak orang membuatnya dapat mengendalikan emosi dan perasaannya. Dengan hal-hal tersebut di atas, tak mengherankan jika anak yang belajar musik pada umumnya memiliki karakter emosional yang lebih baik dibandingkan teman-temannya yang tidak belajar musik.

Membangun karakter merupakan bagian dari pola pendidikan anak agar anak tak hanya memiliki kecerdasan kognitif (pengetahuan), tetapi juga memiliki kecerdasan afektif (emosional) yang seimbang serta meiliki action dalam menempuh kecerdasannya. Dengan memiliki karakter yang baik, maka anak akan mampu menjalin hubungan dengan lingkungan sosialnya dengan baik pula, agar perkembangan potensi dirinya juga akan semakin baik. Jika memang dapat memilih untuk meningkatkan semua aspeek kecerdasan mengapa harus memilih salah satu yang harus diunggulkan???

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: