Mata Pelajaran, Kecerdasan dan Pendidik

Posted on November 24, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Hingga hari ini, mata pelajaran eksakta baik matematika atau sains masih menjadi menjadi monster dalam pelajaran yang dianggap menakutkan bagi sebagian besar perserta didik, selain menakutkan pelajaran eksakta masih merupakan pelajaran yang membosankan karena hanya dapat dipahami oleh orang – orang khusus yang diberi bakat alam berupa kecerdasan yang memukau. Begitulah sebagian kicauan peserta didik yang ujungnya banyak membenci pelajaran eksakta. Fenomena yang bukan merupakan rahasia umum lagi tetapi justru telah menjadi jamak terjadi di setiap lembagapengertian-pendidikan pendidikan di pelbagai zaman. Imbasnya guru pengampu mata pelajaran tersebut yang dianggap momok membosankan dan killer di lingkungan peserta didik.

Persoalan pembelajaran eksakta memang sudah lama menjadi home work bagi pemerintah dan seluruh elemen yang telibat bagi perkembangan pendidikan terutama guruyang berhubungan langsung dengan peserta didiknya. Tentu penggunaan metode pembelajaran yang sesuai harus teus diperbahaui oleh jajaran pendidik dalam upaya mendorong dan membantu mensukseskan pembelajaan eksakta yang diminati dan disukai bukan malah dibenci peserta didik. Hal ini penting sebagai tujuan untuk mengubah persepsi siswa terhadap mata pelajaran eksakta yang memiliki dominasi sebagai pelajaran yang mebosankan dan menakutan.

Ssetiap elemen yang ikut serta dalam perkembangan pendidikan memiliki peran sekaligus tanggung jawab tersendiri dalam mengembnagkan pembelajaran eksakta sealigus memupus citra buruk mata pelajaran tersebut dimata peserta didik. Terkadang ketidaksukaan siswa tehadap suatu mata pellajaran disebabkan oleh pendidik dalam hal ini guru, bisa jadi guru tidak pandai berbicara, membosankan, kaku, dan rumit. Jika hal ini terjadi, maka guru perlu sekali untuk berbenah dan merubah proses pembelajarannya. Namun, sering kal terjadi ketidaksukaan ini akibat pemikiran dan pola belajar peserta didik, maka peserta didik sebagai elemen yang paling mengerti akan dirinyahars membuang jauh ketidaksukaan tersebut. hal ini bisa dilakukan dengan mengubah pola pembelajaran yang dilakukan. Mungkin pola pembelajaran yang dilakukan selama ini belum jodoh dengan sel otak anda yang berakibat pada susahnya pelajaran itu nempel di memori jangka panjang anda.

Temukanlah pola pembelajaran yang paling sesuai dengan otak anda karena semua peserta didik itu berbeda dan memiliki cara pembelajaran yang berbeda beda tidaklah mungkin untuk seorang guru menyatukan seluruh perbedaan itu hingga menjadi metode pembelajaran yang sesuai dengan peserta didiknya karna hal itu jelas membutuhkan waktu yang lama.belum lagi setiap metode yang digunakan guru akan selalu memiliki kekurangan dan kelebihan, kecocokan dan ketidakcocokan dengan kemmapuan peserta didiknya, tidak ada metode pembelajaran yang sempurna  semua hanya dapat di kurang porsinya. Maka yang terbaik guru hanya memotivasi dan mendorong peseta didik serta membantu menemukan pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik tersebut hingga peserta didik dapat memperoleh kecerdasan dengan kemampuannya sendiri.

Jadi jangan hanya menyalahkan guru apalagi lembaga pendidikan lalu merambat kepemerintah jika peserta didik tidak bisa dalam mata pelajaran tertentu karena mereka hanya berupaya untuk memberikan pendidikan yang tebaik sedangkan mengenai kecerdasan hubungannya dengan pribadi sebeapa jauh peserta didik tersebut mengenal dirinya sendiri. Jangan menyalahkan siapa pun dalam hal ini alangkah lebih baik semua ikut bekerja sama dalam mensukseskan pendidikan, baik peserta didik, orang tua, keluarga, lembaga pendidikan, lingkungan, guru, kepala sekolah, pemerintah dan seluruh jajaran yang ikut andil dalam proses pendidikan semua perlu bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang sama.

 12194869_562739160560787_3306952347874546711_o

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: