komunikasi para pembisnis

Posted on January 12, 2016 By

 

Dalam artikel kali ini saya masih akan membahas tentang “komunikasi” setelah saya menyinggung tentang pengertian komunikasi dan pentingnya komunikasi. Kali ini saya diberi kesempatan untuk membahas komunikasi para pembisnis. Sedikit sulit untuk saya membahas bagaimana komunikasi para pembisnis, mengingat saya masih mahasiswa dan saya tidak tau-menau tentang bisnis karena dunia saya dibidang sosiologi. Tapi disini saya akan sedikit mencoba menjelaskan dari beberapa referensi yang saya baca tentang “Trik Komunikasi Para Pembisnis”.

Komunikasi adalah suatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh makhluk sosial seperti kita, karena berkomunikasi merupakan dasar interaksi antar manusia untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan. Berkomunikasi menjadi teramat penting ketika kita ingin mencapai suatu tujuan yang sama dengan relasi kita. Maka dari itu kita harus memahami dulu dasar-dasar berkomunikasi yang efektif, baik dan benar apalagi dalam berbisnis.

Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut.

Menurut sumber yang saya baca, ada beberapa teknik komunikasi dalam berbisnis diantaranya:

  1. Teknik asosiasi adalah penyajian pesan komunikan dengan cara menumpangkannya pada suatu objek atau peristiwa yang menarik perhatian khalayak ramai.
  2. Teknik integrasi adalah kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan.
  3. Teknik ganjaran adalah kegiatan uantuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengimi-ngimingi
  4. Teknik tataan adalah upaya menyusun pesan komunikasi sedemikian rupa sehingga didengar atau dibaca serta termotivasi untuk melakukan sebagai mana disarankan oleh pesan tersebut.
  5. Teknik red – hering adalah seni seorang komunikator untuk meraih kemenangan dalam perdebatan dengan menggalakan argumentasi yang lemah untuk kemudian mengalihkannya sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya guna dijadikan senjata ampuh dalam menyerang lawan

Menurut Stephen Covey, komunikasi merupakan keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.

Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, yaitu, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

  1. Komunikasi verbal

Komunikasi verbal (verbal communication) merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). Contohnya adalah membaca majalah, mambaca surat kabar, mempresentasikan makalah dalam suatu acara seminar dan lain-lain.

  1. Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara.

Nah.. yang saya tekankan dalam artikel kali ini adalah dari bentuk komunikasinya. Efektifnya, ketika seseorang berkomunikasi dalam berbisnis, dia harus menguasi kedua bentuk komunikasi baik verbal maupun nonverbal. Karena kedua hal tersebut sangat berpengaruh dalam menarik minat komunikan agar mereka ingin melakukan relasi bisnis dengan kita.

Silahkan Like & Share

Skill Komunikasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 6 + 6 ?
Please leave these two fields as-is: