Kebugaran hidup agar otak sehat

Posted on August 3, 2015 By

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

Sebuah hafalan yang baik dapat menunjukan dan mendefinisikan siapa kita sebenarnya. Coba tanyalah diri anda, berapa banyak waktu yang sebenarnya anda luangkan untuk melatih kemampuan otak anda, untuk meningkatkan daya hafal aotak anda? Saat ini ada banyak sekali orang yang tidak berpikir lama untuk pergi ketempat olahraga baik itu lapangan ataupun tempat fitness hanya untuk menyempatkan waktu selama 60 menit untuk sekedar berlari diatas tanah atau treadmill, yang sama sekali tidak membawa mereka kemana – mana.

Ketika sesuatu berhubungan dengan masalah kesehatan fisik dan kekuatan serta kebugarannya maka yang dipertanyakan itu merupakan pengalamannya bukan sekedar tujuannya. Demikian pulalah hendaknya yang terjadi dengan ingatan. Ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan dimana aktivitas ini jika dilakukan secara rutin paling tidak 3-4 kali seminggu dapat memberikan kemungkinan meningkatnya daya hafalan. Bahkan juga dapat mengurangi resiko mengidap penyakit Alzheimer jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukannya sama sekali.

Beberapa aktivitas tersebut meliputi:

  1. Membaca secara kiritis dan analisis. Cara yang biasa saya lakukan yakni berhenti sesering mungkin untuk menuliskan kembali apa yang telah saya baca sejauh apa yang saya ingat, yang terpenting saya akan meninjau ulang secara periodik untuk memperkuat ingatan. Hal ini saya lakukan untuk menjaga kesegaran dari keseluruhan detail bacaan yang saya baca.
  2. Menggunakan bagian kiri dan kanan tubuh secara bergantian dan seimbang. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan agar dapat memperkuat hubungan hal – hal yang bersifat kognitif.
  3. Menulis buku harian atau jurnal harian. Hal ini berfungsi untuk mengatur otak kita dalam menata gagasan – gagasan dan menuliskannya daengan pola yang logis dan masuk akal.
  4. Bermain teka-teki. Dalam memecahkan teka – teki otak kiri akan melakukan fungsinya untuk memproses petunjuk secara logis sedangkan otak kanan akan mengumpulkan petnjuk tersebut dalam sebuah gambaran sehingga jawabanya ditemukan.
  5. Memperluas kosakata. Hal ini jelas dbutuhkan untuk menafsirkan dunia anda.
  6. Mengembangkan ingatan. Lakukanlah aktivitas yang memicu kemampuan berpikir untuk meningkatkan kemampuan otak anda.
  7. Bermain game strategi. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kesadaran logika, pola berpikir dan menganalisa kreatifitas otak kita.
  8. Latihan fisik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan dan olahraga otak untuk meningkatkan kekuatan otak.
  9. Bermain musik. Bermain musik dapat mempernbanyak dendrit pada sel otak, hal ini menunjukan semakin kompleksitasnya kemampuan mengingat pada setiap ikatan yang dibangun sel otak.
  10. Mempelajari bahasa asing. Mempelajari bahasa sangatlah penting karena membutuhkan beberapa keterampilan dari beberapa area otak secara bersamaan. Sehingga kemampuan otak semakin berkembang.

Beberapa hal diatas tersebut saya dapatkan dari beberapa buku tentang meningkatkan daya ingat. Tentu saja benar atau tidaknya tergantung diri kita masing – masing. Anda harus tahu seberapa penting otak anda untuk kehidupan anda. Anda bisa mencobanya alangkah lebih baik anda memiliki cara sendiri untuk meningkatkan daya hafal otak demi menunjang kemampuan dan kinerja diri anda, karena bagaimana pun anda lah yang paling tahu seberapa tingkat kemampuan anda. Anda harus ingat yang dipertanyakan itu pengalaman anda bukan sekedar tujuan anda. Bagaimana anda membawa hidup anda berada dalam pengallam yang sesuai dengan impian dan tujuan mengapa anda harus hidup dan diciptakan.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 9 + 4 ?
Please leave these two fields as-is: