Implikasi Pendidikan

Posted on November 25, 2015 By

kemuliaan-menjadi-seorang-guruOleh: Devi Yulianti Wafiah

Lembaga pendidikan masih saja dijadikan tumpuan untuk mempersiapkan generasi masa depan yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi dunia globalisasi. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus secepat mungkin untuk bisa menyediakan perangkat, baik hardware  maupun software pendidikan yang dapat menunjuang masa depan. Manifestasi dari pendidikan merupakan system yang bersifat fleksibilitas karena pendidikan tidak hanya berorientasi pada satu kajian saja, yang menyebabkan sudut pandangnya pun mengandung satu nilai saja, namun pada banyak nilai dalam satu tujuan yakni sebagai titik tolak arah perubahan yang lebih baik.

Implikasi pendidikan dalam kehidupan yakni sebagai dasar pembentuk karakter dalam pengembangan bakat dan kebijakan sosial hal ini sesuai dengan fungsi pendidikan dalam mengembangkan kemampuan agar menjadi suri teladan baik dalam moral maupun dala intelektual. Orang yang mengalami proses pendidikan tidak hanya cerdas secara intelektual namun juga dapat memiliki pengalaman dan ilmu dalam menjalani kehidupannya dengan begitu manusia mampu menyesuaikan diri dalam hidup dan mampu elaksanakan tanggung jawab sosial maka dari itu pentingnya manusia mendapatkan pengetahuan yang essensial.

Pengetahan essensial membuat ilm pengetahuan terus berkembang sepanjang hayat maka jika manusia terus saja mengikuti dan mendapatkkan pendidikan ini manusia akan terus dapat merekonstruksi kehidupannya sesuai semakin banyak pengetahuan yang didapatnya. Dengan rekonstruksi kehidupan maka pengalaman yang berguna pun semakin banyak seiring kepastian diikuti dengan masalah – masalah baru dalam kehidupannya. Pengetahuan yang telah mapan dan bertahan lama dalam waktu dan ruang maka jika memerlukan pemecahan dengan pengetahuan yang lebih sederhana maka sangat memungkinkan untuk memanggil kembali atau setidaknya menjadi dasar pijakan untuk pemecahan masalah yang dialami.

Pendidikan juga berfungsi membangun potensi bangsa dan Negara, khususnya dalam melestarikan kebudayaan dan kepribadian, dimana pada akhirnya pendidikanlah yang menentukan eksistensi dan martabat bangsa sehingga seyoganya pendidikan perlu dibina dengan mantap agar terjamin tegaknya kepribadian bangsa. Pendidikan adalah jiwa yang dapat menunjukan bangsa dan Negara yang melakukan prosesnya. Dengan pendidikan tentu akan memiliki pandangan hidp yang lama kelamaan menjadi arakter yang terus diwariskan dalam suatu Negara dan bangsa tersebut.

Pendidikan yang merupakan validitas dalam setiap kehidupan tentu akan mempengaruhi pola tingkah laku seluruh bangsa dan Negara karena memiliki pandangan hidup yang sama dalam berwawasan luas. selain itu pendidikan juga dapat menjamin akan ketercapaian dan pemerataan bagi bangsa dan untuk keberkembangan negaranya.

Yang menjadi masalah justru terkadang orang berhenti mencari pendidikan hanya karena kekurangan finansial. Padahal yang namanya pendidikan luas sangat luas tidak terbatas pada ruang formal saja. Untuk itu memang harus diawali kesadaran tentang pentingnya pendidikan dari setiap individu karena pada akhinya pendidikan itu yang menunjukan siapa individu tersebut.

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 15 ?
Please leave these two fields as-is: