imajinasi otak kanan dan impian

Posted on April 12, 2015 By

Salam otak kanan, pada artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu imajinasi. Ada beberapa pengertian imajinasi yang telah di bahas oleh banyak orang, namun Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapat mengetahui bahwa imajinasi ialah daya pikir otak kita untuk membayangkan (dalam angan-angan/khayalan) atau menciptakan gambar-gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang. Imajinasi juga merupakan kekuatan atau proses menghasilkan ide-ide kreatif yang akan menimbulkan inovasi yang sangat luarbiasa.

musik untuk otak kita

Sehingga kita akan mendapatkan cara pandang bahwa imajinasi hanya terdapat dalam pikiran manusia yang membayangkan bentuk-bentuk atau gambar-gambar atau kata-kata.

Imajinasi bersifat khayalan dan hanya terdapat dalam angan-angan, bukan yang sebenarnya. Sedangkan hal atau sesuatu yang dibayangkan dalam pikiran disebut dengan imaji.

Imajinasi terkadang muncul tiba-tiba di benak kita, tanpa disengaja terlintas di pikiran manusia biasanya terbayangkan sesuatu hal yang pernahkita alami dan angan-angan yang ingin kita alami. Namun tak jarang pula imajinasi dengan sengaja dimunculkan oleh manusia dengan memikirkan suatu hal yang menarik atau masalah yang menyeramkan, sehingga imajinasi pun dapat digunakan untuk menemukan pemecahan suatu masalah tertentu.

Terkadang jika kita tidak bisa mengontrol pikiran kita, imajinasi bisa berubah menjadi sangat liar dan tidak terkendali, seperti halnya anda memikirkan hal-hal yang sangat negatif alias berkhyalan berlebihan dan melanggar norma-norma agama. Oleh karena itu jika anda telah mengetahui akan apa itu imajinasi, dibutuhkan media penyaluran yang tepat agar imajinasi menjadi lebih terarah dan menghasilkan hal-hal yang positif dan berguna serta tidak merugikan diri sendri maupun pihak lain.

Imajinasi pada dasarnya tidak mengenal kata-kata yang bersifat larangan seperti contoh jika kita memebikan sugesti pada pikirankita atau pikiran orang lain dengan ka “jangan”. Misalkan jangan pikirkan gajah!, maka otak akan terangsang sehingga membayangkan apa yang di bilang jangan itu, sekali lagi otak kanan ini terkait dengan imajinasi yang nantinya akan menjadikan hal-hal seperti ini. apalagi jika kata “JANGAN” disini di lanjutkan dengan kata selanjutnya yang ini leih menarik seperti, “jangan pikirkan gajah warna pink, pakai payung dan gajahnya loncat-loncat” sekali lagi perintahnya adalah jangan pikirkan!!, lalu apa yang terjadi? Tiba-tiba anda akan membayangkan hal ini dan akan terbayangkan saja padahal perintahnya adalah jangan. Itulah kekuatan imajinasi yang tidak dapat di tahan oleh logika.

Maka coba saja anda bayangkan jika imajinasi ini di terapkan pada hal-hal yang bersifat negatif maka hal negatif itu juga yang akan anda dapatkan sehingga seolah-olah menjadi nyata.

Imajinasi dan masadepan?

Apa hubunganya imajinasi dengan masadepan?. Pada dasarnya masadepan merupakan harapan kita pada saat ini yang selalu terbayangkn dan ingin sekali klita mewujudkanya. Otak kanan merupakan otak yang sangat peka dengan imajinasi dan ini akan sngat  mempengaruhi masadepan kita di kemudian hari.

Imajnniasi merupakan sesuatu yang sedang kita bayangkan, jika impian kita selalu kita bayangkan maka ini akan menjadi sugesti tersendiri sehingga kita akan merasa semakin dekat saja dengan apa yang kita impikan itu. Kekuatan imajinasi akan merangsang ukum ketarkaitan dengan alam sekitar sehiingga apapun yang kita pikirkan itulah yang akan semesta berikan. Sehingga akan menimbulkan getran juga dan anda akan semakin dekat dengan apa yang anda harapkan itu.

Semoga bermanfaat!!

Silahkan Like & Share

Pendidikan