Hubungan Pendidikan dan Masyarakat

Posted on July 26, 2015 By

 

Oleh: Devi Yulianti Wafiah

 

Masih jelas dalam ingatan perkataan guru guru SD saat ia menjadi pemimpin upacara, ditengah pidatonya pasti menyisipkan sepenggal kalimat yang tidak disadari terpahat hingga sekarang. Melalui pendidikan, manusia dapat menemukan jati dirinya sebagai manusia. Hal inilah yang kini menjadi dasar pijakan untuk membangun pokok-pokok pikiran setiap insan yang mengedepankan penjelasan tentang fungsi pendidikan. Selama ini diketahui salah satu fungsi pendidikan yaitu untuk menumbuhkembangkan segala potensi baik kodrat ataupun stereotif yang ada dalam diri setiap manusia.

Manusia sebagai obyek pendidikan mempunyai maksud tertentu terhadap dirinya yang merupakan bagian integral dari masyarakat, karena itu mau tidak mau antara masyarakat dan pendidikan harus menjalin keterikatan dan memiliki hubungan yang erat, masarakat dan pendidikan harus sejalan serta harus satu tujuan yakni mengedepankan kesadaran, bukan hubungan yang penuh dengan keterpaksaan.

Hubungan antara pendidikan dan masyarakat jelas merupakan hal yang sangat penting sehingga masuk dalam bidang studi tersendiri di dalam Ilmu Pendidikan. Hal itu merupakan akibat logis dari adanya pengembangan tujuan pendidikan terutama untuk membentuk setiap orang menjadi pribadi yang utuh baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.

Pendidikan merupakan produk dari masyarakat, jika kita menyadari pentingnya arti pendidikan sebagai proses transmisi pengetahuan, sikap, kepercayaan, keterampilan dan  aspek-aspek tingkah laku kepada generasi muda selaku penerus masa, maka seluruh upaya tersebut sudah dilakukan sepenuhnya oleh kekuatan- kekuatan masyarakat dari beberapa tahun kebelakang.

Dari dulu hingga sekarang, kita mengenal budaya sopan santun; kita mengenal norma sosial; kita mengenal akhlakul kharimah; kita mengenal alquran, membaca, menghafal bahkan mengkajinya; kita belajar mengenal lingkungan sekitar. Buyut kita dahulu mengenal musim dari tanda – tanda alam, buyut kita mengenal arah yang diciptakannya dari bintang – bintang, buyut kita mempelajarinya dari apa yang ditemukannya. Kondisi sekarang sudah tidak seperti dahulu namun pengetahuan yang kita dapat masih bisa sama dengan pengetahuan buyut- buyut kita.

Melalui lembaga pendidikan intelektual kita di bangunkan untuk peduli lingkungan sekitar, melalui pendidikan spiritual kita di pacu untuk lebih peka pada setiap makhluk yang dihidupkan, melalui pendidikan emosional kita disadarkan pentingnya menjaga diri dan jiwa dari setiap permasalahan yang datang. Dengan kata lain, pentingnya hubungan erat antara pendidikan dan masyarakat adalah kebutuhan hubungan yang sangat mementingkan terwujudnya sumber daya manusia yang berilmu pengetahuan dan bermoral serta berkarakter kuat. Karena itu untuk mewujudkan tujuan ini pendidikan sebagai jalur utama pembentukan manusia diwajibkan menempuh cara-cara yang secara jelas akan memberikan kontribusi serta manfaat yang berguna bagi masyarakat. Dan tentu saja, untuk menarik semangat dan minat peserta didik, pendidikan juga harus mempersiapkan berbagai kebutuhan dan metode-metode praktis yang tepat dan menarik.

Pentingnya perhatian anak pada pendidikan yang diberikan padanya dapat menumbuhkan potensi yang ia miliki namun juga disisi lain dapat mematikan kreatifitasnya jika metode yang digunakan dalam mendidik tidaklah tepat. Padahal dasar-dasar dalam pendidikan itu adalah pengetahuan tentang pelbagai permasalahan sosial dan usaha menemukan berbagai alternatif untuk mengatasinya jika potensi anak ada yang tidak berkembang bagaimana mungkin anak dapat mengatasi permasalahannya di masa-masa yang akan datang? Tentu hal ini menjadi hal yang penting sebagai peran pendidikan bagi tumbuh kembangnya anak.

 

 

 

 

Silahkan Like & Share

Pendidikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: