Fungsi Komunikasi Adalah

Posted on January 1, 2016 By

komunikasi-bawah-sadar2

Tips Komunikasi Yang EfektifSaat ini saya akan membahas tentang fungsi komunikasi, jika saya mengatakan fungsi maka hal itu menyangkut tentang manfaat dalam berkomunikasi.  Menurut saya Fungsi Komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Menyampaikan pikiran atau perasaan
  2. Mengajarkan atau memberitahukan sesuatu
  3. Mengetahui atau mempelajari dari peristiwa di lingkungan
  4. Memperoleh hiburan atau menghibur orang lain.
  5. Mengurangi atau menghilangkan perasaan tegang
  6. Menambah pengetahuan dan merubah sikap serta perilaku kebiasaan
  7. Membujuk atau memaksa orang lain agar berpendapat bersikap atau berperilaku sebagaimana diharapkan

Dalam pembahasan kali ini saya akan memaparkan fungsi komunikasi menurut beberapa ahli. Fungsi Komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy:

  1. Menginformasikan (to inform) à Adalah memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain.
  2. Mendidik (to educated) à Adalah komunikasi merupakan sarana pendidikan. Dengan komunikasi, manusia dapat menyampaikan ide dan pikiranya kepada orang lain, sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.
  3. Menghibur (to entertain) à Adalah komunikasi selain berguna untuk menyampaikan komunikasi, pendidikan dan mempengaruhi juga berfungsi untuk menyampaikan hiburan atau menghibur orang lain.
  4. Mempengaruhi (to influence) à Adalah fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya berusaha saling mempengaruhi jalan pikiran  komunikan dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan yang di harapkan.

Fungsi Komunikasi menurut William I Gordon:

  1. Komunikasi Sosial à Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan. Komunikasi sosial penting untuk:
  • Konsep diri, yaitu pandangan kita mengenai siapa diri kita sendiri dan itu hanya bisa kita peroleh melalui informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
  • Eksistensi diri.  Dengan berkomunikasi, kita dapat menunjukkan eksistensi diri kita atau aktualisasi diri.
  • Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan.

 

  1. Komunikasi Ekspresif à Komunikasi ekspresif dapat dilakukan sendirian maupun dalam kelompok. Komunikasi ekspresif dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan atau emosi kita. Komunikasi ekspresif tidak otomatis bertujuan mempengaruhi orang lain. Perasaan tersebut terutama dikomunikasikan melalui pesan-pesan non verbal.
  2. Komunikasi Ritual à Komunikasi ritual sering dilakukan secara kolektif. Mereka yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan komitmen mereka kepada tradisi keluarga, suku, bangsa, negara, ideologi, atau agama.
  3. Komunikasi Instrumental à Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum, antara lain menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan dan juga untuk menghibur.

Fungsi-fungsi dalam komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Secara umum, fungsi komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Kendali: Fungsi komunikasi sebagai kendali memiliki arti bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.
  1. Sebagai Motivasi: Komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam kehidupan kita.
  2. Sebagai Pengungkapan Emosional: Komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka. dan lain-lainnya.
  3. Sebagai Informasi: Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pemilihan alternatif.

 

Silahkan Like & Share

Skill Komunikasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 5 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: