Cara menghindari stress akibat menghafal Pelajaran

Posted on April 30, 2015 By

Menghafal sudah menjadi pekerjaan utama bagi setiap pelajar  namun kadang selalu membuat kita merasa bosan, bahkan tak jarang bisa membuat kita stress, itu di sebabkan karena tugas yang terus menumpuk bahkan sampai di kejar waktu, banyak pelajar yang mengeluhkan pada saat mereka menghafal karena otak mereka tidak selamanya terus menerima materi, namun di sisi lain ada tuntutan menjadi seorang pelajar harus siap menerima tugas- tugas, disini kita akan bahas bagaimana cara menghindari stress akibat menghafal.

  1. Cari ruang yang luas untuk menghafal

Jika menghafal kita sering di lakukan di dalam ruangan , seperti kamar yang sempit kadang sering membuat kita bosan, bukan nya membereskan pekerjaan malah dibiarkan begitu saja karena bosan, disini gerakan sedikit tubuh anda untuk merasakan udara segar di luar sana seperti taman dengan pepohonan yang rindang, maka disana anda akan merasakan kenyamanan dan membuat anda menghafal lebih cepat paham dan membantu anda menghilangkan setres akibat dari menghafal.

  1. Menghafal sesuai waktunya

Menghafal memang ada jam-jam tertentu yang mesti di porsir karena ada waktu tertentu yang membantu anda lebih cepat dalam menghafal dan ada waktu yang kurang baik di gunakan untuk menghafal, jika di artikel sebelumnya membahas tentang waktu baik untuk menghafal  maka disanalah kuncinya, saat terbaik untuk menghafal adalah di saat waktu dini hari, malam hari dan siang hari. Maka pergunakan ke 3 waktu itu untuk menghafal.

  1. Beristirahatlah

Otak kita tak bisa selamanya memaksakan diri untuk terus belajr belajar dan belajar, ada waktu dimana otak kita butuh istirahat, jika dalam sehari anda terus memaksakan diri untuk belajar dan menghafal hingga menghabiskan separuh waktu anda maka saya yakin anda akan lebih cepat setres dan tertekan makasaya sarankan disini ketika anda memutuskan untuk menghafal maka luangkan 1 jam untuk mengistirahatkan otak anda dengan sejenak tertidur damn memberikan nutrisi makanan yang baik untuk otak.

  1. Refsesing

Weekend adalah waktu yang tepat untuk bersantai, Anda bisa ajak kerabat, sahabat, saudara/i, atau keluarga untuk jalan-jalan ke pantai atau ketempat yang asyik menurut Anda. Intinya Anda buat weekend Anda sebahagia mungkin, dengan begini akibat dari stress karena menghafal dan belajar  yang menghantui Anda bisa hilang dalam sekejap.

  1. Mendengarkan music

Stress akibat dari menghafal memang tak bisa di hindarkan, tugas yang menumpuk dengan rumus ini dan itu atau catatan-catatan yang harus di bereskan membuat anda semakin ngheng, maka solusi untuk mendinginkan kembali otak anda dengan mendengarkan music yang lembut dan santai, jangan sampai mendengarkan music yang mellow, atau galau, bukan nya tambah baik tapi malah menambah ketidak semangatan anda karena liriknya yang galau.

Demikian 5 cara mengatasi setress karena mnghafal, semuanya akan dirasa menyenangkan jika kita mampu memberikan energy positif dalam pikiran dari apa yang kita kerjakan.

Namun jika cara ini belum puaas anda bisa menggunakan teknik otak kanan dalam mengingat dan menghafal sehingga anda tidak akan pernah meradakan kesullitan dalam menghafal.. inf lengkap silahkan download saja file nya disini : www.aktivasiotakkanan.net

Oleh : Mudy Fitria

Silahkan Like & Share

Pendidikan