Cara menghilangkan gugup di depan umum

Posted on May 6, 2015 By

Apa yang sering anda lakukan ketika gugup? Meremas-remas jari, bulak balik ke kamar mandi atau tarik nafas dalam-dalam karena keluarnya keringat dingin dsb, gugup memang bisa datang kapan saja dan dimana saja kadang hadirnya saat ketika waktu yang kurang tepat, seperti saat dalam acara besar atau bertemu dengan seseorang tiba-tiba saja gugup datang, sebagai contoh, jika anda sudah merasakan energy rasa gugup yang tinggi jangan langsung memvisualisasikan hal yang positif, karena itu tidak akan memberikan efek yang segnifikan, dimana pikiran anda sudah banyak mengeluarkan visualisasi negative, melainkan ambilah nafas di perut berkali-kali untuk menenangkan diri dan mengkonsentrasikan diri anda pada saat situasi saat ini serta menghilangkan perlahan pikiran negative yang akan terjadi nanti.berikut saya akan memberikan beberapa tips supaya anda mampu mengontrol ketika rasa gugup datang.

  1. Persiapkan diri anda

Mempersuiapkan diri sangatlah penting dalam setiap moment, kita tidak bisa mengandalkan semuanya dadakan  jika anda akan mengadakan persentasi maka pelajarilah terlebih dahulu catatan-catatan yang akan anda dana apa yang akan anda sampaikan secara cermat sebelum maju kedepan, jika anda memiliki pertemuan penting, lakukan tugas-tugas anda, sehingga anda bisa mengetahui apa yang mungkin atau akan muncul pada pertemuan tersebut.  Lalu buat anda bisa melakukan nya dan percaya diri berikan sugesti baik dalam diri dan lakuakan dengan maksimal.

  1. Tanyakan pada diri

Ketika rasa gugup datang kita malah bingung sendiri apa yang mesti kita lakukan, hingga kadang tak mampu mengontrol diri, khasus ini sudah sangat banyak di temui di sekitar kita bahkan diri kita pun mengalaminya, nah bagaimana mengatasinya maka tanyakan pada diri anda apakah anda bisa melakukan nya dan bisa mengatasinya. Apa hal terburuk yang mungkin akan terjadi ? lalu bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi anda di waktu mendatang? Dalam khasus sama anda akan menemui jawaban dan tidak memberi  solusi maka saya sarankan percayakan diri anda bahwa anda bisa melakukan nya, maka itu benar anda bisa melakukan nya.

  1. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Bagaimana seorang mike tison mampu  menjadi juara tinju dunia , bukan tanpa alasan kenapa dia bisa seperti itu di sebabakan karena selalu berlatih dan tak berhenti berlatih semakin anda berlatih, mengambil aksi menempatkan diri dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa  membuat anda gugup, akan membuat anda semakin merasa nyaman  tidak merasa gugup.

  1. Tarik nafas

Jika dalam diri kita belum mampu mengatur situasi ketika sedang gugup maka lakukan hal teknis ini, dengan menarik nafas panjang dan dalam dalam, hanya dengan beberapa kali bernafas melalui perut bisa merambah rasa gugup dan nafas pendek ,menjadi tenag dan tegar.

Demikian  tips supaya melawan rasa gugup di depan umum atau melawan rasa tidak percaya diri anda simplenya semakin melawan rasa takut anda semakin anda akan menjadi berani.

Silahkan Like & Share

Pendidikan