Cara melatih dan menigkatkan kecerdasan otak anak

Posted on April 15, 2015 By

orangtuaPada dasarnya setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang normal dan cerdas. Banyak sekali upaya yang rela para orangtua lakukan demi meningkatkan kecerdasan otak sang buah hati tersebut. Coba saja bayangkan orangtua mana yang tidak akan bangga jika melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang memiliki kecerdasan yang luarbiasa dan semakin tumbuh dewasa semakin meningkat saja kecerdasanya. Maka disini jika anda masih kebingungan akan bagaimana cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak simak baik-baik penjelasan pada artikel ini.

Pada saat lahir seorang bayi memiliki 1.000.000.000.000 sel otak (neuron). Bandingkan dengan jumlah penduduk bumi abad 21 sebanyak 6.000.000.000. Ini berarti dalam kepala bayi terdapat sel otak sebanyak 166 kali lipat jumlah manusia yang tinggal di planet ini

Tiap sel otak memiliki ratusan dan ribuan cabang atau tentakel yang mirip sekali dengan gurita yang berukuran mikro. Sangat dahsyat sekali bukan kapasitas otak bayi yang baru lahir tentunya ini sangat menakjubkan sekali.

Pada dasarnya setiap manusia ini di ciotakan dengan potensi yang sama yang telah tuhan berikan kepada kita sehingga secara ilmiah munculah argumentasi mengenai jumlah sel otak seorang bayi yang baru lahir ini. jumlah sel otak ini tentunya akan menjadi potensi yang sangat dahsyat jika kita mampu mengolahnya sehingga kita akan menjadi orang yang sangat luarbiasa.

Otak manusia secara garis besar di bedakan mengenai fungsinya menjadi dua bagian fungsi yang berbeda. Ada otak kanan dan ada juga otak kiri. Anak-anak biasanya adalah dominan otak kanan sehingga jika kita ingin membuat anak kita cerdas perlakukanlah sesuai dengan perkembangan otak mana yang ketika itu sedang berkembang. Masa anak-anak adalah masanya dominan otak kanan, ililah yang kemudian melatarbelakangi muncul lembaga pendidikan taman kanak-kanan yang metode pembalejaranya adalah bermain, bernyanyi sesuai dengan dunia anak.

Kita sendiri telah menetahui bahwasanya bermain dan bernyanyi adalah kegemaran anak-anak, ini merupakan tanda jika otak anak mrupakan otak yang dominan otak kanan sehingga anak kecil di bawah usia 7 tahun belum memiliki kogika yang begitu bagus sehingga raltif akan sering meniru ketimbang berfikir sendiri.

Sehingga mendapatkan kesimpulan bagiamana cara untuk meningkatkan kecerdasan otak akan kita. Adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan agar otak anak menjadi semakin cerdas :

  1. Biarkan anak-anak menikmati dunianya

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan permainan dan kesenangan. Semakin anak banyak bermain maka kecerdasanya akansemakin terlatih juga karena terjadi perkembangan sel otak yang membentuk pola akan sesuaatu yang dia lakukan berlulang-ulang. Namun hal ini harus ada catatan yang pasti yaitu biarkan anak-anak bermain sesuai dunianya dan itu mengandung unsur edukasi, seperti permainan menyusun puzle atau menysun bangungan dan sesuatu yang berhubungan dengan warna. Permainan yang tepat yang di berikan kepada anak anda akan mengakibatkan kecerdasan otaknya semakin bertambah dan akan semakin cerdas tentunya

  1. Ajari anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya

Berkomunikasi merupakan hal yang sangat tepat untuk melatih kecerdasan anak-anak. Pada dasrnya anak-anak merupakan masa dimana banyak sekali rasa penasaran dan rasa ingintahu sehingga mereka akan banyak belajar dari lingkunganya.  Memilih lingkungan yang tepat merupakan langkah yang cerdas agar otak anak menjadi semakin berkembang dengan baik. Langkah sederhana agar anak menjadi semakin cerdas adalah berikan dia kebebasan untuk mengenal teman-teman nya. Bagaimanapun kecerdasan emosional merupakan faktor pendorong terkuat untuk meraih kesuksesan bagi anak anak di masadepanya. Hal ini bertujuan agar anak menjadi seorang yang aktif berkomunikasi dengan rekan sebayanya dan akan saling bertukar informasi mengenai karakter dan watak rekanya seingga anak-anak bisa menemukan makna betapa indahnya kebersamaan

  1. Ajari anak-anak untuk berkata-kata yang baik

Sesungguhnya perkataan merupakan doa, hal ini di sebabkan karena hampir 90% dalam tubuh kita adalah cairan yang jika kita memberikan sugesti yang positif akan juga menjadi positif dan tentunya ini akan menjadikan anak menjadi semakin cerdas. Sebaliknya jika kita memiliki anak-anak yang selalu berkata kasar dan negatif maka apapun yang dia ktakan itulah yang akan mewakili karakternya sehinga otomatis juga akan menggambarkan bagaimana masadepan anak kita. Terkait dengan kecerdasan akan meningkat atau tidak sepertinya anda sendiri sudah bisa menebaknya.

  1. Berikanlah makanan yang bergizi seperti ikan, sayuran dan daging
  2. Berilah ramuan dari antanan

Antanan atau pegangan merupakan jenis tumbuhan yang biasa tumbuh di persawahan yang ini di percaya dapat menigkatkan kecerdasan otak anak.

Dari kelima cara untuk meningkatkan kecerdasan otak anak ini tentunya masih banyak lagi hal yang dapat anda lakukan dengan sumber yang lain. Intinya silahkan saja anda praktikan hal ini semoga mendapatkan kemanfaatan yang luarbiasa.

Satu lagi jika otak anak supaya semakin cerdas adalah dengan mengoptimalkan otak kanan anak dengan metode Flash Memory. Penasaran silahkan klik saja www.dayaingatdanotakkanan.com atau www.aktivasiotakkanan.net

Salam otak kanan

Silahkan Like & Share

Pendidikan